Pilih Mana Usaha atau Kerja?

By -

Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya hal serupa : punya usaha tapi juga kerja ikut orang, fokus on one or do it together?

Mari kita coba pelajari motivasi dari pertanyaan tersebut.

1. Kebanyakan orang awam sering berkata : “saya mau kerja dulu sama orang lain, biar bisa dapat pengalaman dan buat tambah2 modal juga”

Kenyataannya :

a. Menjadi pekerja dan pengusaha itu berbeda, beda kuadran,beda cara beda segalanya (seperti kata Robert T.Kiyosaki. Kamu mungkin bisa sukses menjadi pegawai/pekerja tapi belum tentu jadi pengusaha sendiri itu kamu bisa sukses. Ada trik2 nya sendiri yang harus kamu pelajari sendiri juga. Yang penting adalah action untuk terjun langsung. Jangan takut untuk gagal, yang penting kamu berproses untuk belajar lebih baik lagi.

b. Kerja sama orang lain itu jujur menyita waktu dan tenaga kamu. Kalau kamu berfikir kamu bisa belajar sendiri dan bisa kreatif membangun usaha, buat apa menunggu nanti ? Lebih baik kamu sekarang keluar dari pekerjaan kamu dan tekuni usaha mu sendiri.c. Modal ?? Apa definisi kamu soal modal ? Coba baca dulu ini Modal untuk usaha Anda dan definisikan kembali modal apa yang kamu perlukan. Pupuk modal usaha kamu dari sekarang.

2. Kebanyakan alasan orang bekerja untuk orang lain itu adalah demi orang tua, gengsi ataupun tuntutan masyrakat

Kenyataannya :

a. Hidup dan masa depan mu adalah untuk dirimu sendiri, bahkan bukan untuk orang tua kamu. Orang tua tidak mengharapkan apapun untuk hidup kamu selain kamu bisa hidup lebih baik lagi. Yakin kan orang tua kamu bahwa jalan kamu untuk jadi pengusaha adalah jalan yangterbaik dan akan dijalani dengan sungguh-sungguh.

b. Gengsi ? Oh come on, jaman sekarang orang sudah tahu mana yang lebih baik, jadi pekerja atau jadi pengusaha ?

3. Kebanyakan orang bekerja itu memang untuk mencari aman finansial dan memenuhi tuntutan hidup.

Kenyataannya :

a. Apakah benar aman secara finansial ? DI tengah krisis multi dimensi saat ini, sebetulnya sulit untuk bisa dikatakan aman secara finansial, bahkan banyak perusahaan besar pun koleps di tengah badai krisis saat ini. Memang menjadi pengusaha itu lebih tidak aman, tetapi setidaknya kamu bisa lebih mandiri dan berencana dengan baik.

Dari 3 alasan umum pertimbangan orang untuk bekerja atau menjadi pengusaha tersebut, coba sekarang kamu sadari lebih dalam apabila seandainya kamu bisa belajar sendiri, hidup kreatif untuk memajukan usaha dan berani menghadapi tantangan serta mengambil resiko untuk hidup lebih baik, buat apa menunda-nunda menjadi pengusaha ?

“Saya menjadi pengusaha baru umur 28 tahun, dan itu saya rasa sudah terlambat” (Sandiaga Uno) #KataPengusaha


Translate this article:
English

Akun yg khusus membahas seputar entrepreneurship, motivasi & tips2 usaha. Follow dan segera ber-AKSI ! | Info, Advertise, Contact : admin@katapengusaha.com